Caution!!!


Do With Your Own Risk


Ubuntu adalah salah satu distro sistem operasi Linux yang cukup populer karena cukup mudah untuk digunakan. Namun biasanya masalah terletak pada installasi softwarenya yang memang biasanya dilakukan secara online. Atau dengan DVD Repository nya. Karena file *.deb kadang juga membutuhkan file yang lain untuk mengistall (dependency) yang belum tentu di dalam system ada. Lha kalo gak bisa online? Ato gak punya DVD repo nya?



Untuk mengatasi hal tersebut. Kita bisa memanfaatkan layanan apt-web. Layanan ini dapat mencari file-file *deb secara otomatis. Apt-web diciptakan untuk mempermudah kita dalam menginstal software, tanpa takut akan masalah dependensi. Apt-web biasanya tersedia di setiap mirror. Dengan apt-web, kita bisa memperoleh referensi dependency apa saja yang harus diinstal sebagai syarat untuk instalasi software yang ingin diinstal. Jika dikatakan ini semacam repo versi online, mungkin bisa juga. tapi setelah kita mengunduhnya kita kan bisa menginstallnya secara offline.

Cara mengistallnya ada 2 cara:

  1. Dengan cara mengeklik 2x semua file *deb nya (tapi kalo file nya banyak repot jg y? :D kadang cara ini gagal karena kadang depedency yang harus diinstall package secara bersamaan.
  2. Kumpulkan file-filenya dalam sebuah folder. masuk ke terminal tujukan ke folder tujuan yang berisi file installan tersebut dengan perintah cd (alamat folder). Lalu ketikkan lagi perintah sudo dpkg -i * . Perintah tersebut artinya menginstall semua file package yang ada dalam folder tersebut.
Ni contoh link apt-web bisa cari lagi yang lain tanya om google dengan keyword: "apt-web"

note: anda harus tau nama package nya agak file repo2 nya bisa keluar di apt-web
contoh nama package: ketik 'wine' tanpa tanda kutip untuk memdapatkan file repo wine, contoh lain: pidgin, cairo-dock, rar, compizconfig-settings-manager.

yah.. coba2 sendiri yah.. :D

Selamat mencoba :D

other link http://linuxubuntu-blog.blogspot.com/2010/04/installing-software-ubuntu-offline.html

Artikel yang terkait dengan kategori:




Komentar melalui Facebook:
cara memasang Facebook Comment?

0 komentar :

Posting Komentar

boleh copas tapi cantumkan sumber linknya ya ... ^^



Copyright 2010 Hermawan's IT Blog.
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger