Caution!!!


Do With Your Own Risk


Saya mau share nih gimana caranya biar baterai laptop awet, nggak cepet ngedrop, karena prihatin juga sih temen-temen yang pada punya laptop kebanyakan baterai sudah pada ngedrop, nah ini dia tips merawat baterai versi saya hehe






  1. Saat Pertama Kali Membeli Laptop, Cas Batrei Sekitar 8 - 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) Sebaiknya Di cas terlebih dahulu agar dayanya dapat terisi maksimal
  2. Jika bisa hindari penggunaan Laptop saat baterai sedang charging, karena efeknya adalah panas pada baterai, panas adalah salah satu musuh dari Baterai laptop yang menyebabkan cepat ngedrop. Alasan lain adalah dapat menyebabkan DC/AC converter pada motherboard cepat rusak karena terbebani 2 beban yaitu arus harus membagi ke baterai dan ke Laptop secara bersamaan. lebih baik lagi jika menggunakan coller saat memakai:)
  3. Baterai Laptop (Lihium-ion) memang benar bahwa baterai teknologi tersebut mudah cepat rusak jika di overcharging (di cas terus walaupun sudah penuh) tapi teknologi laptop sekarang sudah mempunyai CONTROL BATTERY artinya jika baterai sudah penuh maka baterai akan stop charging. jika sesudah keadaan penuh pun tapi sudah berkurang dan masih range 95-100% baterai tidak akan charging. (exp) 
  4. Jadi, penggunaan laptop yang baik adalah saat baterai laptop benar-benar keadaan penuh dan tidak charging lagi dan adapter listrik biarkan terpasang terus tidak perlu dilepas. tidak perlu khawatir ngedrop karena ada CONTROL BATTERY didalamnya. baterai tidak akan ngecas, power akan langsung diambil dari listrik.
  5. Hindari sistem CdC (Charge discharge) : apabila penuh cabut, apabila habis colok! karena akan mengurangi Cycle count baterai. Cycle Count adalah siklus baterai yang dihitung dari baterai habis sampai dicharge penuh kembali. baterai Lithium ion umurnya sekitar 300-800 cycle count. lebih lengkapnya googling ajah ya gan! :D
  6. Jangan pernah BATERAI DILEPAS, apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg laen.
  7. walaupun dalam keadaan penuh, sebaiknya biarkan 5 menit dulu laptop terpasang pada adaptor sebelum memakai, dan biarkan 5 menit setelah laptop dimatikan lalu setelah 5 menit baru adaptop dicabut. Alasan: agar adaptor lebih ready stok powernya. :)
  8. saat menggunakan baterai hindari pemakaian game/software2 berat. kalo ada listik mending colok aja jangan lupa pake cooling kalo bisa
  9. Pastikan alas yang digunakan rata. agar sirkulasi udara pembuangan panas lancar (ingat!! panas adalah musuh utama baterai) jadi main2 laptop dikasur jangan aja deh kalo bisa.
  10. Faktanya Baterai Bertipe Lithium-ion PASTI akan menurun, entah dipake ato gak dipake. (info lanjut googling) jadi mendingan baterai rusak dari pada hardwarenya yang rusak. TAPI kita masih bisa mempertahankan/meminimalisir agar lebih awet.
Semoga bermanfaat :)

Update:
  • Kalibrasi battery adalah hal yang cukup penting.. Kalibrasi adalah dimana battery harus digunakan discharging secara menuh sampai habis, 100% hingga 3-5% gunanya adalah untuk menjaga akurasi deteksi battery agar battry lebih valid sensornya. tetapi jangan terlalu sering, cukup 1bulan sekali lakukan ini.
  • Masalah kontroversi sebaiknya baterai dilepas atau tidak?? 
  • Jika laptop anda panas, bahkan cooler pun tak bisa menangani saat pemakaian program2 berat seperti games, bisa melepas baterai demi menjaga baterai agar tidak panas (pastikan listrik dirumah anda stabil), jika tidak maka sebaiknya dipasang terus + colokan charger .

sumber: kaskus,  dan lain2..

Artikel yang terkait dengan kategori:




Komentar melalui Facebook:
cara memasang Facebook Comment?

4 komentar :

Anonim mengatakan...

Gan laptop saya gak mau ngecas, tapi lampu tanda ngecas nyala (disebelah lobang cas), namun di monitor laptop icon tanda ngecas tidak terlihat dan klw colokan batree di cabut laptop langsung mati.. itu gimana solusinya gan?
klw batreenya selama ini gak ada masalah, klw batree penuh bisa tahan 2 - 3 jam laptop nyala..

paket as internet mengatakan...

Informasi yang bermanfaat gan, keep update blognya ya...

Unknown mengatakan...

Manfaat banget nih, terimakasih banyak

husjeloaese mengatakan...

thanks min artikelnya ini...
http://cody.id/produk/blower-infrared/blower-infrared-cody-777d/

Posting Komentar

boleh copas tapi cantumkan sumber linknya ya ... ^^



Copyright 2010 Hermawan's IT Blog.
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger